Virtual Interface di Ubuntu


waktu nyobain bangun server pake ubuntu… ane ngadepin masalah… setidaknya untuk uji coba ane butuh NIC (Network Interface Card) 3 buah… mana gak ada uang lage, mau ngutang maluu… akhirnya ketemu juga solusinya, pake virtual interface. virtual interface fungsinya, bisa buat seolah – olah ada banyak NIC dalem satu NIC… misalnya ane punya satu interface tapi dalam satu interface bisa dihubungi pake 3 ip address… soo dalem satu kabel lan yang sama, lok di ping 3 ip yang berbeda  semuanya bisa reply asal satu jaringan lah…. okeh lets begin aja….

(kasusnya buat 3 buah virtual interface di pada ethernet)

buka file di /etc/network/interfaces dengan mengetikan :

sudo gedit /etc/network/interfaces

nah lok udah di buka tambahin disana kayak gene :

auto eth0:1
iface eth0:1 inet static
address 192.168.10.1
netmask 255.255.255.0
network 192.168.10.0
broadcast 192.168.10.255

auto eth0:2
iface eth0:2 inet static
address 192.168.10.3
netmask 255.255.255.0
network 192.168.10.0
broadcast 192.168.10.255

auto eth0:3
iface eth0:3 inet static
address 192.168.10.4
netmask 255.255.255.0
network 192.168.10.0
broadcast 192.168.10.255

nah sebelum ane lanjutin ane mau jelasin dikit:

  1. dibagian auto eth0:1 punya arti bahwa ini dalah interface virtual dari eth0 ke nomor 1.. penomoran ini bebas mau 1 s/d 1000 boleh gan…
  2. dibagian iface eth0:1 inet static fungsinya untuk memberikan pernyataan bahwa virtual interface ini akan dikonfigurasi secara static (bukan dhcp, dapet ip dari dhcp serverghitu)
  3. di bagian address, netmask, network, dan broadcast di isi sesuai dengan kebutuhan konfigurasi yang di inginkan gan

okeh lanjuuut… sekarang ketik di terminal :

sudo /etc/init.d/networking restart

nah sekarang cek apa konfigurasi udah jalan ketik :

ifconfig

lok ada keliatan interface eth0:1, eth0:2, dan eth0:3 berarti konfigurasi udah jalan……

mantaaaab

silahkan di coba gan……

Advertisements

One thought on “Virtual Interface di Ubuntu

  1. Pingback: bind9 admin buat ubuntu « gen5x4 inem oli…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s