konfigurasi routing RIP di quagga


hmmm… kemaren di artikel sebelumnya ane udah ngejelasin tentang instalasi dan konfigurasi quagga, nah sekarang ane mau bahas lebih lanjut tentang routing protokol RIP di quagga…

protokol rip adalah protokol yang di gunakan oleh router untuk menentukan jalur terpendek berdasarkan hop count (jumlah lompatan) agar bisa mencapai jaringan tujuan. protokol rip merupakan interior gateway protocol (IGP) yang di gunakan di jaringan LAN maupun WAN. maksimum hop count adaalah 15 , jadi jika jalur untuk mencapai tujuan melalui lebih dari 15 titik atau 15 router maka jaringan tersebut tidak bisa di jangkau lagi. rip memiliki dua versi yaitu ripv1 dan ripv2, ripv1 hanya mendukung jaringan yang classfull dan contigues network, sementara ripv2 mendukung jaringan yang classless (vlsm/subnetting) dan  discontigues network.

sederhanya sebuah router tidak bisa menghubungkan jaringan yang berbeda yang tidak terhubung langsung dengannya tanpa protokol routing. selain rip masih banyak lagi protokol routing yang laen, tapi kaleee ney kita akan ngebahas implementasi rip pada quagga. okeg begini kasusnya….

perhatikan gambar di bawah ney gan…

Topology 3 Router

Topology 3 Router

soo diatas ada 3 unit router dan 2 unit switch dengan masing – masing router terhubung dengan router lainnya, begini tabel ip address nya biar kalau masih bingung baca topology diatas :

nama router interface ip address subnet mask
Ubuntu R1 eth0 172.16.0.2 255.255.255.252
Ubuntu R1 eth1 172.16.0.9 255.255.255.252
Ubuntu R1 eth2 172.16.1.1 255.255.255.0
Ubuntu R2 eth0 172.16.0.1 255.255.255.252
Ubuntu R2 eth1 172.16.0.5 255.255.255.252
Ubuntu R3 eth0 172.16.0.10 255.255.255.252
Ubuntu R3 eth1 172.16.0.6 255.255.255.252
Ubuntu R3 eth2 172.16.2.1 255.255.255.0

nah jika quagga sudah terinstall dan sudah di konfigurasi sekarang tinggal action di Ubuntu R1.
sekarang ketik :

konfigurasi zebra ubuntu R1

telnet localhost 2601

hasilnya kurang lebih kayak gene :

Trying ::1...
Trying 127.0.0.1...
Connected to localhost.
Escape character is '^]'.

Hello, this is Quagga (version 0.99.17).
Copyright 1996-2005 Kunihiro Ishiguro, et al.

User Access Verification

Password:

masukan passwordnya “zebra” tanpa tanda petik, kemudian ketik enable, setelah itu quagga akan meninta password lagi masukan “zebra” tanpa tanda petik. selanjutnya ikuti konfigurasi di bawah ini untuk konfigurasi tiap interface :

##setting hostname##
Router#conf t
Router(config)#hostname R1

##setting ip address di eth0##
R1(config)#interface eth0
R1(config-if)#ip address 172.16.0.2/30
R1(config-if)#no shutdown
R1(config-if)#exit

##setting ip address di eth1##
R1(config)#interface eth1
R1(config-if)#ip address 172.16.0.9/30
R1(config-if)#no shutdown
R1(config-if)#exit

##setting ip address di eth2##
R1(config)#interface eth2
R1(config-if)#ip address 172.16.1.1/24
R1(config-if)#no shutdown
R1(config-if)#exit

##simpan konfigurasi##
R1(config)#exit
R1#copy run start
R1#exit

konfigurasi rip ubuntu R1

jika sudah selesai lanjutkan untuk mengkonfigurasi routing protokol dengan mengetikan :

telnet localhost 2602

setelah itu masukan password “zebra” tanpa tanda petik. kemudian ketik enable untuk masuk ke privilege mode. jika sudah ikuti konfigurasi di bawah ini :

##setting hostname untuk protokol routing rip##
ripd#conf t
ripd(config)#hostname RIP-R1

##setting routing protocol RIP##
RIP-R1(config)#router rip
RIP-R1(config-router)#version 2
RIP-R1(config-router)#network 172.16.0.0/30
RIP-R1(config-router)#network 172.16.0.8/30
RIP-R1(config-router)#network 172.16.1.1/24
RIP-R1(config-router)#exit

##simpan konfigurasi##
RIP-R1(config)#exit
RIP-R1#copy run start
RIP-R1#exit

bagi yang pernah konfigurasi router cisco mungkin konfigurasi diatas tidak asing… tapi yang jadi pertanyaan kenapa kok konfigurasi rip gak di satu tempat (zebra)….??? awalnya ane juga bertanya – tanya kayak gitu… tapi ternyata quagga terdiri dari beberapa port dengan fungsi yang berbeda masing  – masing port, untuk static routing anda cukup melakukan konfigurasi di zebra akan tetapi untuk protokol routing dynamis anda harus menggunakan port yang berbeda untuk melakukan konfigurasi protokol routing dynamis.

konfigurasi zebra di ubuntu R2

jika anda sudah selesai melakukan konfigurasi di ubuntu R1 sekarang tinggal melanjutkan untuk konfigurasi ubuntu R2. okeh sekarang di ubuntu R2 ketik sintak berikut :

telnet localhost 2601

kemudian masukan password “zebra” tanpa tanda petik, kemudian ketik enable dan masukan password “zebra” tanpa tanda petik. setelah itu ikuti perintah di bawah ini :

##setting hostname##
Router#conf t
Router(config)#hostname R2

##setting ip address di eth0##
R2(config)#interface eth0
R2(config-if)#ip address 172.16.0.1/30
R2(config-if)#no shutdown
R2(config-if)#exit

##setting ip address di eth1##
R2(config)#interface eth1
R2(config-if)#ip address 172.16.0.5/30
R2(config-if)#no shutdown
R2(config-if)#exit

##simpan konfigurasi##
R2(config)#exit
R2#copy run start
R2#exit

konfigurasi rip ubuntu R2

jika sudah selesai lanjutkan untuk mengkonfigurasi routing protokol dengan mengetikan :

telnet localhost 2602

setelah itu masukan password “zebra” tanpa tanda petik. kemudian ketik enable untuk masuk ke privilege mode. jika sudah ikuti konfigurasi di bawah ini :

##setting hostname protokol RIP##
ripd#conf t
ripd(config)#hostname RIP-R2

##setting routing protocol RIP##
RIP-R2(config)#router rip
RIP-R2(config-router)#version 2
RIP-R2(config-router)#network 172.16.0.0/30
RIP-R2(config-router)#network 172.16.0.4/30
RIP-R2(config-router)#exit

##simpan konfigurasi##
RIP-R2(config)#exit
RIP-R2#copy run start
RIP-R2#exit

konfigurasi zebra ubuntu R3
jika anda telah selesai melakukan konfigurasi di ubuntu R2 sekarang tinggal menyelesaikan konfigurasi di ubuntu R3. okeh sekali lagi ketik :

telnet localhost 2601

kemudian masukan password “zebra” tanpa tanda petik, kemudian ketik enable dan masukan password “zebra” tanpa tanda petik. setelah itu ikuti perintah di bawah ini :

##setting hostname##
Router#conf t
Router(config)#hostname R3

##setting ip address di eth0##
R3(config)#interface eth0
R3(config-if)#ip address 172.16.0.10/30
R3(config-if)#no shutdown
R3(config-if)#exit

##setting ip address di eth1##
R3(config)#interface eth1
R3(config-if)#ip address 172.16.0.6/30
R3(config-if)#no shutdown
R3(config-if)#exit

##setting ip address di eth2##
R3(config)#interface eth1
R3(config-if)#ip address 172.16.2.1/24
R3(config-if)#no shutdown
R3(config-if)#exit

##simpan konfigurasi##
R3(config)#exit
R3#copy run start
R3#exit

konfigurasi rip ubuntu R3

jika sudah selesai lanjutkan untuk mengkonfigurasi routing protokol dengan mengetikan :

telnet localhost 2602

setelah itu masukan password “zebra” tanpa tanda petik. kemudian ketik enable untuk masuk ke privilege mode. jika sudah ikuti konfigurasi di bawah ini :

##setting hostname pada protokol rip##
ripd#conf t
ripd(config)#hostname RIP-R3

##setting routing protocol RIP##
RIP-R3(config)#router rip
RIP-R3(config-router)#version 2
RIP-R3(config-router)#network 172.16.0.4/30
RIP-R3(config-router)#network 172.16.0.8/30
RIP-R3(config-router)#network 172.16.2.1/24
RIP-R3(config-router)#exit

##simpan konfigurasi##
RIP-R3(config)#exit
RIP-R3#copy run start
RIP-R3#exit

jika sudah semua konfigurasi telah selesai ketik sintaks dibawah ini di setiap router :

/etc/init.d/quagga restart
/etc/init.d/networking restart

jika sudah selesai lakukan uji ping untuk memastikan semua jaringan telah terhubung dengan baik. untuk melihat tabel routing yang telah terbentuk anda bisa mengetikan perintah berikut :

ip route

jika terjadi masalah dan koneksi masih belum terbentuk antar router tetangga, coba perhatikan konfigurasi di /etc/network/interfaces , apakah ada konfigurasi scara static… jika ada sebaiknya dihapus…

nah sepertinya cuman itu yang bisa ane bagi kali ini… maklum keterbatasan ilmu yang ane punya… semoga berhasil gan….

jangan lupa mantranya maaaantaaaaabbbbb……..

Advertisements

2 thoughts on “konfigurasi routing RIP di quagga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s