Instalasi Eclipse pada Ubuntu 11.10


Okeh, ane iseng – iseng aja bikin tulisan ney…
Eclipse adalah salah satu Integrated Development Environtment (IDE) yang mutlifungsi. Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa anda edit dengan menggunakan IDE ini. Sebelum anda melakukan instalasi eclipse pada ubuntu maka sebaiknya baca dulu Instalasi JDK pada ubuntu pada link ini dibawah ini :

 
https://nunenuh.wordpress.com/2013/01/08/installasi-oracle-jdk-7-pada-ubuntu-11-10/

Okeh, ane anggap instalasi JDK sudah berhasil, langkah selanjutnya download eclipse pada link di bawah ini dan simpan pada folder Download pada Home anda:
http://www.eclipse.org/downloads/download.php?file=/eclipse/downloads/drops/R-3.7.1-201109091335/eclipse-SDK-3.7.1-linux-gtk.tar.gz

Okey jika proses download telah selesai, sekarang masuk ke terminal (Bertais Kalee)…. dan tulis sintak berikut ini :

sudo cd ~/Download/
sudo cp eclipse-SDK-3.7.1-linux-gtk.tar.gz /opt/
sudo cd /opt/
sudo tar -xvzf eclipse-SDK-3.7.1-linux-gtk.tar.gz
sudo chmod 777 -R eclipse

Langkah selanjutnya buat sebuah file pada /usr/share/applications/ dengan nama eclipse.desktop dan isi dengan sintaks dibawah ini :

[Desktop Entry]
Encoding=UTF-8
Name=Eclipse Classic 3.7
Exec=/opt/eclipse/eclipse
Icon=/opt/eclipse/icon.xpm
Categories=Application;Development;Java;IDE
Version=3.7
Type=Application
Terminal=0

File diatas perlu anda buat agar eclipse yang sudah anda install bisa anda akses melalui Unity.
Silahkan mencoba….
Sekian dan Terima Kasih…

Advertisements

Installasi Oracle JDK 7 pada Ubuntu 11.10


Okey, setelah menginstall Oracle JDK 7 tanpa synaptic atau apt,  browser google chrome saya menjadi tidak berfungsi dengan baik ketika berhadapan dengan java applet dan sejenisnya. Setelah bergoogling ria akhirnya saya mendapat pencerahan (beeeiihhh mudah!!!!)… Supaya sama – sama cerah bagi yang merasa gelap pikiran, saya bagi oprekan script plus langkah – langkah nya.

 

Langkah Pertama ,

  1. Download JDK 7 pada link berikut ini : http://download.oracle.com/otn-pub/java/jdk/7u1-b08/jdk-7u1-linux-i586.tar.gz
  2. Pastikan anda mendownload JDK dengan extensi file tar.gz

Jika anda telah selesai mendownload tulis sintaks berikut ini pada terminal anda :

cp jdk-7u1-linux-i586.tar.gz /opt/
cd /opt/
tar -xvzf jdk-7u1-linux-i586.tar.gz

Langkah Kedua,

Buka Text Editor atau nano dan isi dengan sintaks berikut ini :

#!/bin/bash
#Iseng - Iseng VTHINK

echo "Please Enter Your JAVA HOME (e.g /opt/jdk1.7.0) : "
read java_dir

echo "Creatng symlink in /usr/lib/jvm/java-7-sun.."
ln -s $java_dir /usr/lib/jvm/java-7-sun

echo "Creating Environment JAVA_HOME.."
JAVA_HOME=/usr/lib/jvm/java-7-sun
export JAVA_HOME

echo "Creating PATH Environment JAVA_HOME.."
PATH=$PATH:$JAVA_HOME/bin:
export PATH

echo "Creating CLASSPATH Environment JAVA_HOME.."
CLASSPATH=$JAVA_HOME/lib/:.
export CLASSPATH

echo "Please Enter Your Java Architecture (i386/amd64) : "
read java_arch


echo "Do update-alternatives..."
update-alternatives --quiet --install /usr/lib/xulrunner-addons/plugins/libjavaplugin.so xulrunner-1.9-javaplugin.so /usr/lib/jvm/java-7-sun/jre/lib/$java_arch/libnpjp2.so 63
update-alternatives --quiet --install /usr/lib/mozilla/plugins/libjavaplugin.so mozilla-javaplugin.so /usr/lib/jvm/java-7-sun/jre/lib/$java_arch/libnpjp2.so 63
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/appletviewer appletviewer /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/appletviewer 63 --slave /usr/share/man/man1/appletviewer.1 appletviewer.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/appletviewer.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/apt apt /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/apt 63 --slave /usr/share/man/man1/apt.1 apt.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/apt.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/extcheck extcheck /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/extcheck 63 --slave /usr/share/man/man1/extcheck.1 extcheck.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/extcheck.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/idlj idlj /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/idlj 63 --slave /usr/share/man/man1/idlj.1 idlj.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/idlj.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/jar jar /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/jar 63 --slave /usr/share/man/man1/jar.1 jar.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/jar.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/jarsigner jarsigner /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/jarsigner 63 --slave /usr/share/man/man1/jarsigner.1 jarsigner.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/jarsigner.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/javac javac /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/javac 63 --slave /usr/share/man/man1/javac.1 javac.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/javac.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/javadoc javadoc /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/javadoc 63 --slave /usr/share/man/man1/javadoc.1 javadoc.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/javadoc.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/javah javah /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/javah 63 --slave /usr/share/man/man1/javah.1 javah.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/javah.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/javap javap /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/javap 63 --slave /usr/share/man/man1/javap.1 javap.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/javap.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/jconsole jconsole /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/jconsole 63 --slave /usr/share/man/man1/jconsole.1 jconsole.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/jconsole.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/jdb jdb /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/jdb 63 --slave /usr/share/man/man1/jdb.1 jdb.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/jdb.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/jhat jhat /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/jhat 63 --slave /usr/share/man/man1/jhat.1 jhat.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/jhat.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/jinfo jinfo /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/jinfo 63 --slave /usr/share/man/man1/jinfo.1 jinfo.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/jinfo.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/jmap jmap /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/jmap 63 --slave /usr/share/man/man1/jmap.1 jmap.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/jmap.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/jps jps /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/jps 63 --slave /usr/share/man/man1/jps.1 jps.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/jps.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/jrunscript jrunscript /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/jrunscript 63 --slave /usr/share/man/man1/jrunscript.1 jrunscript.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/jrunscript.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/jsadebugd jsadebugd /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/jsadebugd 63 --slave /usr/share/man/man1/jsadebugd.1 jsadebugd.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/jsadebugd.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/jstack jstack /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/jstack 63 --slave /usr/share/man/man1/jstack.1 jstack.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/jstack.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/jstat jstat /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/jstat 63 --slave /usr/share/man/man1/jstat.1 jstat.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/jstat.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/jstatd jstatd /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/jstatd 63 --slave /usr/share/man/man1/jstatd.1 jstatd.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/jstatd.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/native2ascii native2ascii /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/native2ascii 63 --slave /usr/share/man/man1/native2ascii.1 native2ascii.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/native2ascii.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/rmic rmic /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/rmic 63 --slave /usr/share/man/man1/rmic.1 rmic.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/rmic.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/schemagen schemagen /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/schemagen 63 --slave /usr/share/man/man1/schemagen.1 schemagen.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/schemagen.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/serialver serialver /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/serialver 63 --slave /usr/share/man/man1/serialver.1 serialver.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/serialver.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/wsgen wsgen /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/wsgen 63 --slave /usr/share/man/man1/wsgen.1 wsgen.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/wsgen.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/wsimport wsimport /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/wsimport 63 --slave /usr/share/man/man1/wsimport.1 wsimport.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/wsimport.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/xjc xjc /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/xjc 63 --slave /usr/share/man/man1/xjc.1 xjc.1 /usr/lib/jvm/java-7-sun/man/man1/xjc.1
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/java-rmi.cgi java-rmi.cgi /usr/lib/jvm/java-7-sun/bin/java-rmi.cgi 63
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/ControlPanel ControlPanel /usr/lib/jvm/java-7-sun/jre/bin/ControlPanel 63
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/java java /usr/lib/jvm/java-7-sun/jre/bin/java 63
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/java_vm java_vm /usr/lib/jvm/java-7-sun/jre/bin/java_vm 63
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/javaws javaws /usr/lib/jvm/java-7-sun/jre/bin/javaws 63
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/jcontrol jcontrol /usr/lib/jvm/java-7-sun/jre/bin/jcontrol 63
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/keytool keytool /usr/lib/jvm/java-7-sun/jre/bin/keytool 63
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/pack200 pack200 /usr/lib/jvm/java-7-sun/jre/bin/pack200 63
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/policytool policytool /usr/lib/jvm/java-7-sun/jre/bin/policytool 63
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/rmid rmid /usr/lib/jvm/java-7-sun/jre/bin/rmid 63
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/rmiregistry rmiregistry /usr/lib/jvm/java-7-sun/jre/bin/rmiregistry 63
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/unpack200 unpack200 /usr/lib/jvm/java-7-sun/jre/bin/unpack200 63
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/orbd orbd /usr/lib/jvm/java-7-sun/jre/bin/orbd 63
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/servertool servertool /usr/lib/jvm/java-7-sun/jre/bin/servertool 63
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/tnameserv tnameserv /usr/lib/jvm/java-7-sun/jre/bin/tnameserv 63
update-alternatives --quiet --install /usr/bin/jexec jexec /usr/lib/jvm/java-7-sun/jre/lib/jexec 63

echo "Updating Done!"

Setelah itu simpan dengan nama java_config.sh, kemudian ketik sintaks berikut ini :

chmod +x java_config.sh
sudo ./java_config.sh

hasilnya akan seperti berikut ini :

root@Dell:~/Desktop# ./java_config 
Please Enter Your JAVA HOME (e.g /opt/jdk1.7.0) : 
/opt/jdk1.7.0_01
Creatng symlink in /usr/lib/jvm/java-7-sun..
Creating Environment JAVA_HOME..
Creating PATH Environment JAVA_HOME..
Creating CLASSPATH Environment JAVA_HOME..
Please Enter Your Java Architecture (i386/amd64) : 
i386
Do update-alternatives...
Updating Done!

Sekian dan Terima Kasih…

Referensi : http://brunoreis.com/tech/intalling-java-ubuntu-natty/

Mini NSLOOKUP dengan Java


hmmmm…. nslookup… apaan ntu??? nslookup itu fungsi untuk mencari ns (name server), contohnya: nslookup nanya ke dns server, domain google.com berapa ipnya nah atau sebaliknya ip ini ada domain nya gak??? gampang nya gene ketik aja di terminal kayak gene :

nslookup google.com

Server: 114.127.208.84
Address: 114.127.208.84#53


Non-authoritative answer:
Name:    google.com
Address: 209.85.132.104

nah ntu hasil dari terminal saya…  sekarang karena ane lagi belajar java gan… ane posting ney caranya buat mini nslookup pake java ney sintaksnya :

/**
 *
 * @author gen5x4
 */
import java.net.InetAddress;
import javax.swing.JOptionPane;

public class Hostname {
  public static void main(String[] args) throws Exception {
      //ini inputan berupa panel dialog
      String host =  JOptionPane.showInputDialog("Masukan Domain");

      //pemroses yang mencari ip dari domain yang di inputkan
      InetAddress addr = InetAddress.getByName(host);

      //mencetak hasil yang telah di proses
      JOptionPane.showMessageDialog(null, addr);
  }
}

abis ntu compile dengan sintaks :
javac Hostname.java
truz jalankan dengan sintaks :
java Hostname.class

hasilnya ntar kayak gene :

selamat mencoba……

seeeep mantab….

Enkripsi dan Dekripsi di PHP


okeh ketemu lagi dengan saya di acara yang sama dan channel yang sama…. wkwkwkwkwkw… hmmm… sekarang ane mau bahas tentang enkripsi sekaligus dekripsi soalnya ney pasangan gak bisa dipisahin… seperti adam dan hawa, alah lebay ane… hehehehe… okeh, ane cukupun dulu lebuy bin maun….

jadi begini… enkripsi itu bahasa gampangnya kayak gene… ane punya surat yang mau dikirim ke orang, misalnya surat cinta… (teringat masa SMP, gak ada Ponsel) nah supaya gak ketauan sama orang gimana caranya ya??? ada bermacam – macam cara… salah satunya kirim lewat mimpi…. minta bantuan kawan dan masih banyak lage… nah misalnya kita pilih cara kirim lewat teman… yang jadi masalah… surat ini sangat rahasia, bahkan si temen deket yang ngirim ney juga gak boleh tau… trus gimana dunkz…??? di situlah kita bisa menggunakan metode enkripsi… jadi simple nya, lok jaman om dulu, tinggal ngerubah susunan kata nya kayak gini misalnya :

A = I, B = A, I=B, C=F

jadi kalau kita mau nulis AKU CINTA KAMU, berati nulisnya gene IKU FANTI KIMU…. hehehe….

untuk alasan keamanan kayak gene kemudian dikembangkan juga di komputer tentang enkripsi dan dekripsi… ane mungkin gak panjang lebar ngebahas konsep nya… soalnya anda masih bisa googling dan masih banyak di luar sana…  (lah yang anda bahas ini juga kan bisa di googling?) apa yang ane buat ini mungkin hanya menambah sedikit dari perbendaharaan aja ghitu loh…

okeh langsung aja… di PHP ada beberapa fungsi yang digunakan untuk melakukan proses enkripsi, misalnya kayak gene….

<?php
$crypt_md5=md5("dicoba");
$crypt_sha1=sha1("dicoba");
$crypt_crc32=crc32("dicoba");

echo "enkripsi kata 'dicoba' <br>";
echo "enkripsi md5       : ".$crypt_md5."<br>";
echo "enkripsi sha1      : ".$crypt_sha1."<br>";
echo "enkripsi crc32     : ".$crypt_crc32."<br>";
?>

ya misalnya hasilnya kayak gene :

enkripsi kata ‘dicoba’
enkripsi md5 : 9c271c6bdbff33bbe7b0f6e2b24f60ed
enkripsi sha1 : 9774c4ed3143b4a7378118fe3fab5ffa0c0d93e8
enkripsi crc32 : -1310493240

sintaks diatas untuk mengenkripsi aja… nah untuk dekrispi nya gimana??? kalau ane mau cari cepetnya ane pake sintaks ney :

<?php
$string="sembunyikan aku ya";

$encrypt=base64_encode($string);
$decrypt=base64_decode($encrypt);

echo "Kata Yang di Enkripsi : ".$string."<br>";
echo "Hasil Enkrispi : ".$encrypt."<br>";
echo "Hasil Dekripsi : ".$decrypt."<br>";
?>

hasilnya kurang lebih kayak gene :

Kata Yang di Enkripsi : sembunyikan aku ya
Hasil Enkrispi : c2VtYnVueWlrYW4gYWt1IHlh
Hasil Dekripsi : sembunyikan aku ya

cuman lok diatas tinggal di dekrip aja langsung keliatan… bagi orang yang juga ngerti tentang enkripsi… sekarang lok mau yang sedikit lebih ribet pake metode enkripsi BlowFish gmana???
ane dapet dari http://phpclasses.org ada beberapa class php yang bisa dipake buat enkrispi dan dekripsi dengan algoritma enkrispi BlowFish… cara make nya gimana????
sekarang buat dua File… File yang pertama dengan Nama : Cipher.php dan contoh.php… abis ntu kopas sintaks di bawah ini… jangan tanya apa artinya… ane sendiri belum ngerti… tapi itu gunaya class… tinggal dipake aja… okeh copy dan paste sintaks di bawah ini pada file Cipher.php

Cipher.php

<?php
/**
 * Cipher
 *
 * Simple mcrypt interface.
 *
 * Cipher is a simple class for working with mcrypt.
 *
 * @package     Cipher
 * @author      Nathan Lucas <nathan@gimpstraw.com>
 * @link        http://www.gimpstraw.com/
 * @copyright   Copyright (c) 2008, Nathan Lucas
 * @version     2.0.0
 *
 * Added $iv to both encrypt() and decrypt() allowing you to use preset IVs
 * while encrypting/decrypting data.
 *
 * Also added getIV(), which returns the instance's current IV in base64
 * allowing you to store this IV for use on other instances of Cipher.
 */
class Cipher {

    /**
     * Algorithm to use.
     *
     * @access  private
     * @var     string
     */
    private $algo;

    /**
     * Encryption mode.
     *
     * @access  private
     * @var     string
     */
    private $mode;

    /**
     * Randomization source.
     *
     * @access  private
     * @var     integer
     */
    private $source;

    /**
     * Initialization vector.
     *
     * @access  private
     * @var     string
     */
    private $iv = null;

    /**
     * Encryption key.
     *
     * @access  private
     * @var     string
     */
    private $key = null;

    /**
     * Cipher($algo, $mode, $source)
     *
     * Cipher constructor. Sets the algorithm being used, the encryption
     * mode, and the IV.
     *
     * @param   string $algo
     * @param   string $mode
     * @param   integer $source (randomization source)
     * @access  public
     * @return  void
     */
    public function __construct($algo = MCRYPT_3DES, $mode = MCRYPT_MODE_CBC, $source = MCRYPT_RAND) {
        $this->algo = $algo;
        $this->mode = $mode;
        $this->source = $source;

        if (is_null($this->algo) || (strlen($this->algo) == 0)) {
            $this->algo = MCRYPT_3DES;
        }
        if (is_null($this->mode) || (strlen($this->mode) == 0)) {
            $this->mode = MCRYPT_MODE_CBC;
        }
    }

    /**
     * encrypt($data, $key, $iv)
     *
     * Returns encrpyted $data, base64 encoded. $key must be specified at
     * least once, it can be changed at any point.
     *
     * @param   string $data
     * @param   mixed $key
     * @param   string $iv
     * @access  public
     * @return  string
     */
    public function encrypt($data, $key = null, $iv = null) {
        $key = (strlen($key) == 0) ? $key = null : $key;

        $this->setKey($key);
        $this->setIV($iv);

        $out = mcrypt_encrypt($this->algo, $this->key, $data, $this->mode, $this->iv);
        return base64_encode($out);
    }

    /**
     * decrypt($data, $key, $iv)
     *
     * Returns decrypted $data. $key must be specified at least once, it can
     * be changed at any point.
     *
     * @param   mixed $data
     * @param   mixed $key
     * @param   string $iv
     * @access  public
     * @return  string
     */
    public function decrypt($data, $key = null, $iv = null) {
        $key = (strlen($key) == 0) ? $key = null : $key;

        $this->setKey($key);
        $this->setIV($iv);

        $data = base64_decode($data);
        $out = mcrypt_decrypt($this->algo, $this->key, $data, $this->mode, $this->iv);
        return trim($out);
    }

    /**
     * getIV()
     *
     * Returns the IV used for encryption so you can use it again in another
     * Cipher instance to decrypt data.
     *
     * @access  public
     * @return  string
     */
    public function getIV() {
        return base64_encode($this->iv);
    }

    /**
     * setIV($iv)
     *
     * Sets IV. If $iv is specified, the instance IV will be set to this. If not,
     * the instance will generate an IV.
     *
     * @param   string $iv
     * @access  private
     * @return  void
     */
    private function setIV($iv) {
        if (!is_null($iv)) {
            $this->iv = base64_decode($iv);
        }
        if (is_null($this->iv)) {
            $iv_size = mcrypt_get_iv_size($this->algo, $this->mode);
            $this->iv = mcrypt_create_iv($iv_size, $this->source);
        }
    }

    /**
     * setKey($data, $key)
     *
     * Sets Cipher::key. This will be the key used for the encrypt and decrypt
     * methods until another $key is specified. This will trigger an error if
     * no initial key is set.
     *
     * @param   mixed $key
     * @access  private
     * @return  void
     */
    private function setKey($key) {
        if (!is_null($key)) {
            $key_size = mcrypt_get_key_size($this->algo, $this->mode);
            $this->key = hash("sha256", $key, true);
            $this->key = substr($this->key, 0, $key_size);
        }
        if (is_null($this->key)) {
            trigger_error("You must specify a key at least once in either Cipher::encrpyt() or Cipher::decrypt().", E_USER_ERROR);
        }
    }
}
?>

nah lok udah di copy dan di paste sekarang tinggal uji coba hasilnya dengan membuat file bernama contoh.php dengan sintaks sebagai bverikut :

<?php
require_once("Cipher.php");
$cipher = new Cipher(MCRYPT_BLOWFISH, MCRYPT_MODE_ECB);

$kunci = "%^$%^&%*HJGHJK";
$string="sembunyikan aku";

$en = $cipher->encrypt($string, $kunci);
$de = $cipher->decrypt($en, $kunci);

echo "Enkrispi Kata : $string <br>";
echo "Hasil Enkripsi : $en <br>";
echo "Hasil Dekrispi : $de <br>";
?>

hasilnya kurang lebih kayak gini :

Enkrispi Kata : sembunyikan aku
Hasil Enkripsi : rCRslGlylLiPRzv6A4+mdg==
Hasil Dekrispi : sembunyikan aku

okeh… gini penjelasan sintaks diatas… require_once(“Cipher.php”) fungsinya untuk memanggil file yang pertama kita buat dengan nama Cipher.php , kemudian sintaks  $cipher = new Cipher(MCRYPT_BLOWFISH, MCRYPT_MODE_ECB); fungsinya untuk membuat sebuah objek dari class supaya bisa dipake nantinya… kata – kata MCRYPT_BLOWFISH memiliki arti metode enkripsi dan dekripsi yang digunakan adalah dengan algoritma Blowfish… trus $kunci dengan isinya yang gak karuan… fungsinya sebagai kunci yang digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi… kalau kunci nya gak sama isinya, hasil dekripsi gak akan sukses… $string adalah kata – kata yang akan di enkripsi… trus sintaks $en = $cipher->encrypt($string, $kunci) adalah sintak untuk memproses enkrispi dan sintak $de = $cipher->decrypt($en, $kunci) adalah sintak untuk memproses dekripsi….

sepertinya itu aja dulu… di cobain ya moga berhasil ya….

jangan lupa mantra nya seeeppp…. mantaaaabbb…

sumber code Cipher.php dari : http://phpclasses.org oleh Nathan Lucas <nathan@gimpstraw.com>

Hydroponic Tomatoes


Sebagai hiburan dan hobi, ini beberapa foto tanaman hydroponic ane…

This slideshow requires JavaScript.

Ane pake pupuk Hydroponic dari Agri Farm, trus pake medium arang sekam, selain itu pake air pump dan air stone di setiap pot lewat selang water pass. Setup Hydroponic sederhana kok, tapi yng bikin semangat setelah lama gagal akhirnya bisa juga berdiri hydroponic small garden ane….

Menjalankan Aplikasi Java Sebagai Service di Ubuntu


Saat bikin aplikasi java yang sudah berjalan, saya punya rencana untuk buat aplikasi ini sebagai service di ubuntu. Nah, permasalahannya adalah ada berbagai macam cara yang bisa digunakan menjadikan aplikasi java sebagai service di linux. Misalnya Java Service Wrapper, JSVC, YAJWS, dan masih banyak lagi. Namun, apa bisa dikata saya butuh yang cepat dari latar belakang keilmuwan saya, akhirnya pilihan jatuh ke daemon.

Langsung saja ke TKP….

Untuk bisa menjadikan Aplikasi Java anda berjalan sebagai daemon, langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah install daemon dengan perintah sebagai berikut :

sudo apt-get install daemon

okey, jika instalasi sudah berjalan lancar, saya akan bahas secara singkat cara menggunakan daemon untuk menjadikan aplikasi sebagai services.
Membuat Sebuah Services (Start Services)

Perintah di bawah ini digunakan untuk menjalankan sebuah service.

sudo daemon --name="ngeping" -- ping localhost

Keterangan:
–name=”ngeping” –> digunakan untuk memberikan nama service yang dijalankan

— ping localhost –> adalah aplikasi yang akan dijadikan services

Jadi pada saat anda menuliskan perintah “sudo daemon –name=”ngeping” — ping localhost” pada terminal linux, daemon akan menjalankan aplikasi ping secara tersembunyi. Pertanyaan nya, bagaimana cara melihat hasil ping yang sedang berlangsung?
Begini perintahnya :

sudo daemon --name="ngeping" --output=/tmp/ping.log -- ping localhost
tail -f /tmp/ping.log

hasilnya kira-kira begini :

root@nunenuh:~/# tail -f /tmp/ping.log
PING localhost (127.0.0.1) 56(84) bytes of data.
64 bytes from localhost (127.0.0.1): icmp_req=1 ttl=64 time=0.077 ms
64 bytes from localhost (127.0.0.1): icmp_req=2 ttl=64 time=0.064 ms
64 bytes from localhost (127.0.0.1): icmp_req=3 ttl=64 time=0.056 ms
64 bytes from localhost (127.0.0.1): icmp_req=4 ttl=64 time=0.059 ms
64 bytes from localhost (127.0.0.1): icmp_req=5 ttl=64 time=0.065 ms
64 bytes from localhost (127.0.0.1): icmp_req=6 ttl=64 time=0.098 ms
^C

Mematikan Service Yang Telah Anda Buat

okey, jika barusan anda berhasil untuk membuat sebuah service, selanjutnya adalah cara mematikan nya. Untuk mematikan sebuah service yang telah anda buat. Perintahnya adalah sebagai berikut:

sudo daemon --name="ngeping" --stop

Okey perinah diatas digunakan untuk mematikan service yang telah anda buat, tapi bagaiman cara melihat services yang telah anda buat sudah tidak aktif lagi?

Melihat Status Service Yang Telah Anda Buat

Cara untuk mengetahui services yang anda jalankan masih berjalan atau sudah tidak aktif adalah dengan menggunakan perintah –running yang dipadukan dengan –verbose, berikut ini perintahnya :

sudo daemon --name="ngeping" --pidfile=/var/run/ngeping.pid --running --verbose

hasilnya kira-kira sebagai berikut :

root@nunenuh:~/# daemon --name="ngeping" --pidfile=/var/run/ngeping.pid --running --verbose
daemon: ngeping is running (pid 30224)

Pada perintah diatas anda bisa melihat ada perintah “–pidfile=/var/run/ngeping.pid”, perintah ini digunakan untuk menyatakan lokasi file Proccess-ID (PID) yang secara default pada ubuntu berada pada path /var/run. Sedangkan ngeping.pid secara automatis dibuat oleh daemon dengan perintah –name=”ngeping”, sehingga pada path /var/run/ aplikasi daemon membuat sebuah file dengan nama ngeping.pid.

Membuat Service untuk Aplikasi Java

Keetiga dasar diatas sangat penting untuk Anda ketahui sebelum memulai membuat sebuah file yang bisa digunakan untuk membuat service pada ubuntu. Langkah selanjutnya adalah membuat sebuah file untuk menjalankan service, tapi sebelumnya izinkan saya menjelaskan skenario kasusnya terlebih dahulu. Okey begini skenarionya :

  • Aplikasi Java yang sudah saya bangun memiliki nama server.jar
  • Lokasi file Aplikasi Java yang sudah saya bangun berada pada /opt/server/server.jar
  • JRE yang saya gunakan JRE 1.7

Supaya lebih singkat penulisan saya, lihat script dibawah ini :

#!/bin/sh

#----------------------
# InitScript untuk Server
#----------------------
# Script ini digunakan untuk mengontrol server
# Author Lalu Erfandi Maula Yusnu

#--------------------
#PERSIAPAN
#--------------------
#konfigurasi script
ServiceName="server"
ServiceHome="/opt/server"
ServiceFile="$ServiceHome/$ServiceName.jar"
ServiceLogFile="/var/log/$ServiceName.log"
ServicePidFile="/var/run/$ServiceName.pid"

#command for running epanel
javaCmd="java -jar"
javaRunCmd="$javaCmd $ServiceFile"
dName="--name=$ServiceName"
dLog="--output=$ServiceLogFile"
dPid="--pidfile=$ServicePidFile"

#------------------
# AKHIR PERSIAPAN
#------------------

#-----------------------
# PENDEFINISIAN FUNGSI-FUNGSI
#-----------------------

daemon_start(){
	sudo daemon $dName $dLog $dPid --unsafe -- $javaRunCmd
	echo "Starting server service..."
}

daemon_stop(){
	sudo daemon $dName --stop -- $javaRunCmd
	echo "Stopping server service..."
}

daemon_restart(){
	daemon_stop
	daemon_start
	echo "Restarting server service complete..."
}

daemon_status(){
	sudo daemon $dName $dPid --running --verbose
}

#-----------------------------------
# AKHIR PENDEFINISIAN FUNGSI-FUNGSI
#-----------------------------------

#-----------------------
# IN ACTION
#-----------------------

case "$1" in
	start)
		daemon_start
	;;
	stop)
		daemon_stop
	;;
	restart)
		daemon_restart
	;;
	status)
		daemon_status
	;;
	*)
		echo "Usage: $0 {start|stop|restart|status}"
		exit 1
esac

exit 0

Setelah script diatas seleasi ditulis, maka langkah selanjutnya memindahkan file ini ke path /etc/init.d/server dan memberikan izin eksekusi dengan perintah chmod +x server.
Jika masih bingung silahkan posting comment untuk memperjelas maksud perintah diatas… sekian dan terima kasih…